Fsp NIBA SPSI Bali Berbagi Ke Panti Werdha Biaung

                                                      FSP NIBA SPSI Bali Berbagi Ke Panti Werdha Biaung PekerjaKramaBali 27052022, Pengurus ...

Menjadi jurnalis Pekerja Krama Bali / Citizen journalism




Dengan hadirnya blog pekerja krama bali , tentu memerlukan orang yang akan menjadi penulis berita/ pewarta berita yang khusus mengenai pekerja di bali ini. Blog ini hadir atas harapan dari pekerja yang ingin ada media khusus untuk pekerja, oleh karena setiap pemberitaan kegiatan pekerja, bila ingin di expose media cetak memerlukan biaya yang cukup besar.
Kami dari admin blog berharap teman pekerja di tingkat pengurus unit dapat memanfaatkan untuk mengekpose kegiatannya disini begitu juga kegiatan pengurus cabang dan daerah dari Serikat Pekerja / Serikat Buruh yang ada di bali.
Untuk menjadi seorang jurnalis tidaklah terlalu sulit, asal ada KEMAUAN, kami akan mengenalkan istilah CITIZEN JOURNALISM atau JURNALISME WARGA kepada teman pekerja dan sudah menjadi kata yang jamak dalam satu dasawarsa terakhir. Pemicunya tentu saja teknologi yang berkembang pesat, satu orang bisa terhubung dengan orang lainnya dalam waktu yang singkat, pola penyebaran berita bukan lagi satu arah, dari atas ke bawah tapi beratus ratus arah dan dalam level yang sama.
Kata jurnalisme bukan lagi milik satu orang atau satu golongan, semua orang bisa membuat dirinya jadi jurnalis , tepatnya jurnalis warga. Perbedaan antara jurnalis warga dengan jurnalis media hanya ada pada akses dan tanda pengenal jurnalis media. Sedangkan seorang jurnalis warga tidak punya akses sebesar jurnalis media, tetapi mereka punya indepedensi yang lebih, mereka punya keistimewaan menggunakan kata SAYA atau AKU dalam setiap reportasenya, melambangkan diri sendiri yang tak terikat oleh media apapun.
Sejarah di tulis oleh mereka yang punya kepentingan, memang sudah saatnya kita mulai menulis sejarah kita sendiri dengan cara kita sendiri. Kalau orang dulu sudah melakukan dengan teknologi sederhana ( menulis di atas daun lontar ) , kenapa kita yang diberi gemilang teknologi maju ini tidak bergerak melakukannya ?
Gimana tertarik untuk mencoba ? Menjadi jurnalis warga hanya butuh KEMAUAN  dan ingat pola 5 W + 1H, who, where, what, when, why dan how untuk berita, pasti anda menjadi jurnalis warga. Hidup Pekerja, Majulah Pekerja.


1 komentar:

  1. semoga apa yg jdi harapan kerama bali terutama anak2 muda selaku generasi penerus bs lbih berkonpetem dlm jaman teknologi saat ini bs lbih maju, kereatif di segala bidang selaku pekerja zaman now saat ini..sukses dan trus semangat pak md sujana dlm mengemban tugas ini suksme

    BalasHapus

Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Komunitas pekerjakramabali.com. Admin berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan.

Admin berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.