Fsp NIBA SPSI Bali Berbagi Ke Panti Werdha Biaung

                                                      FSP NIBA SPSI Bali Berbagi Ke Panti Werdha Biaung PekerjaKramaBali 27052022, Pengurus ...

Screening on May: Film-film (tentang) Buruh


Bulan Mei ini, ketjilbergerak memutar film-film tentang buruh.
Dilihat secara definitif, kata “buruh” (atau kelas pekerja, jika anda lebih nyaman menyebutnya dengan cara demikian) biasa digunakan dalam ilmu-ilmu sosial dan dalam perbincangan sehari-hari untuk merujuk kepada mereka yang bekerja di tingkat yang rendah (baik dari segi upah, pendidikan, dan keterampilan). Dalam banyak hal, mereka yang tergolong sebagai buruh juga merupakan orang-orang yang mendapat upah di bawah rata-rata.

Lalu, kelas pekerja juga sebuah istilah yang sering ditabrakkan dengan kelas menengah dan kelas atas (atau dalam istilah lain, kelas borjuis) dalam kerangka yang lebih umum seperti
kepemilikan sumber daya ekonomi, ketertarikan budaya, pendidikan, dan akses kepada barang-barang dan jasa. Di hadapan pemilik modal, keringat buruh seringkali habis untuk ditukarkan dengan upah yang tidak seberapa. Oleh karena itu, muncul masalah-masalah kesenjangan kelas, di mana buruh seringkali berada di sisi yang tidak berdaya karena kebijakan pemodal yang hanya memikirkan bagaimana melipatgandakan modal tanpa terlihat peduli kepada nasib kelas pekerja.

Karena itu, pemutaran film untuk bulan ini berangkat dari sebuah pertanyaan: bagaimana kehidupan buruh ketika direpresentasikan melalui film? Apakah film-film yang akan kami tayangkan berpihak kepada nasib buruh? Atau malah menawarkan alternatif wacana lain di seputar kata ‘buruh’ itu sendiri? Medium film sengaja kami pilih sebagai metode untuk memperkenalkan wacana seputar buruh beserta hal-hal di sekitarnya seperti masalah kesenjangan kelas, ketidakadilan sosial, dan juga permasalahan lain yang cukup relevan untuk dibahas, seperti penghilangan paksa dan pembunuhan yang dialami oleh kelas pekerja yang kritis terhadap ketidakadilan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan Komunitas pekerjakramabali.com. Admin berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan.

Admin berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.